Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit



Bijaksana menggunakan kartu kredit adalah salah satu upaya agar kartu kredit yang anda miliki membawa manfaat.

Banyak informasi yang membahas tentang cara menggunakan kartu kredit khususnya ketika berbelanja namun kali ini saya tertarik membahas tentang cara bijak menggunakan kartu kredit dilihat dari berapa jumlah kartu kredit yang dimiliki.

Sebenarnya memiliki kartu kredit cukup satu saja dan miliki kartu lain yang berupa kartu debit tapi memiliki fasilitas layaknya kartu kredit dalam hal transaksi. Gunakan kartu kedua ini untuk bertransaksi jika salah satu kartu sedang mengalami masalah.

Masalah disini artinya bukan masalah terkait tunggakan pembayaran tetapi persoalan dimana ketika akan digunakan ada hal lain yang tidak terduga mislanya tidak bisa dilakukan nya transaksi dengan alasan waktu transaksi atau memang pada saat tertentu Bank sedang tidak bisa memproses transaksi.

Jika hal diatas terjadi maka ada backup kartu lain dari lain Bank yang bisa memenuhi transaksi yang ingin dilakukan.

Jadi kartu kredit yang satu berupa kartu kredit seperti pada umumnya dan kartu kedua berupa kartu debit tetapi memiliki fasilitas layaknya kartu kredit.

Pertama kartu kredit pada umumnya yaitu kartu kredit yang memang memberikan pinjaman dan Anda mendapatakn sejumlah uang seperti kartu kredit BCA, kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mandiri dll

Kedua kartu debit atau tabungan yang memiliki fasilitas layaknya kartu kredit seperti misalnya Jenius dari BTPN. Jenius memiliki layanan yang sangat sama dengan kartu kredit dalam hal transaksi dan menurut saya jenius ini sangat bagus. Jenius sendiri menggunakan layanan Visa.

Pengalaman saya kartu debit lain(bukan kartu kredit) yang berlogo Mastercard ataupun Visa bisa melakukan transaksi ke luar negri tapi ada terkadang tidak bisa digunakan di merchant tertentu. Sedangkan Jenius sudah saya coba bisa melakukan transaksi di semua kebutuhan transaksi luar.

Perbedaan kartu keredit pada umumnya dengan Jenius sudah pasti yaitu jika kartu kredit Anda meminjam sejumlah uang dengan syarat pengajuan yang cukup banyak sedangkan Jenius sebagai alat transaksi tanpa harus pinjam uang dulu. Pengajuan Jenius pun tidak memerlukan syarat rumit bahkan tidak perlu dana awal.

Namun jika tujuan memiliki kartu kredit memang untuk meminjam uang dan ingin mendapatkan kenaikan limit kredit tentu gunakan kartu kredit seperti pada umumnya tetapi harus diingat, untuk mendapatkan atau menaikan limit kredit tidak perlu harus banyak kartu tapi cukup satu kartu dengan syarat pembayaran tagihan selalu lancar.

Kesimpulannya
  • Miliki cukup satu kartu kredit saja dan satu kartu debit yang memiliki fasilitas sama dengan kartu kredit.
  • Jika ingin memperbesar limit pinjaman kartu kredit maka baiknya cukup naikan limit di Bank yang sama daripada mengajukan lagi ke lain Bank.
  • Tujuan memiliki kartu kredit bukan hanya sebagai alat pinjaman tetapi sebagai alat transaksi.
  • Akan sangat berbeda jika mengajukan kartu kredit pada saat tidak memiliki uang dengan mengajukan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan transkasi. Apalagi mengajukan kartu kredit dari awal Anda sudah memperhitungkan bahwa tidak ada dana segar atau dana lebih untuk membayar kredit tapi tetap mengajukan kredit maka ini akan sangat bahaya.
  • Jenius BTPN berupa kartu debit dan tabungan biasa tapi failitas pembayaran ke luar negri layaknya kartu kredit.
  • Untuk memiliki Jenius BTPN tidak perlu datang ke kantor BTPN tapi cukup dengan mengajukan lewat online (bisa dari aplikasi HP) dan petugas akan datang ke tempat. Proses sangat cepat dan kartu fisiknya dikirim tidak perlu diambil.

Komentar

loading...

Mancing Yuk


Web Hosting Murah Berkualitas