Pengalaman Membuat Kartu Kredit Bank Mega

Karu Kredit Bank Mega
Karu Kredit Bank Mega

Setelah sebelumnya menulis pengalaman membuat kartu kredit BCA kini saya akan tulis tentang pengalaman membuat kartu kredit Bank Mega. Membuat kartu kredit Bank mega memang lebih cepat dibanding membuat kartu kredit BCA.

Awal mula saya mengajukan kartu kredit Bank Mega waktu itu karena mendapat SMS dari Telkomsel sekitar tanggal 14 Desember 2018 melalui nomor 62168. Yang isi SMS nya seperti ini :

Dapatkan Diskon Up To 50% + Cashback 300 Ribu? Bisa! Segera Apply Kartu Kredit Bank Mega. S&K : link yang mengarah ke situs web Telkomsel. Balas SMS ini (gratis) ketik : CC

Nah karena saya termasuk orang yang kritis dalam segala hal, di SMS ini saya tertarik dan mengikutinya karena SMS pengirim bukan dari nomor ponsel biasa melainkan dari nomor unik yaitu 62168 juga karena link yag tercantung mengarah ke situs web resmi Telkomsel.

Jika saja nomor pengirim bukan nomor server dan link dibuka bukan langsung ke situs resmi Telkomsel atau situs web Bank Mega maka pasti saya abaikan.

Ketika link dibuka tampil Syarat dan ketentuan dan yang saya ingat yaitu layanan pengajuan via SMS ini merupakan layanan baru dari Telkomsel dan khusus untuk pelanggan eligible untuk mendapatkan layanan finansial dari institusi finansial yang bekerjasama dengan Telkomsel. Yang berarti hanya pelenggan tertentu saja yang mendapatkan SMS seperti ini. Dan saya buktikan bahwa teman-teman yang memiliki nomor kartu Halo Telkomsel tidak mendapat SMS tersebut.

Lanjut ke SMS dari Telkomsel tadi kemudian saya ketik CC dan kirim, pada saat itu juga ada balasan :
Pelanggan Yth, Terima Kasih atas respon Anda. Mohon balas sms ini (gratis) dengan Nomor KTP Anda <16 digit> untuk keperluan verifikasi. Terima kasih.

Saya masukan nomor KTP dan kirim, balasannya :
Pelanggan Yth, Terima Kasih atas data KTP Anda. Untuk keperluan verifikasi, mohon balas sms ini dengan Nama Lengkap (tanpa gelar) Anda. Terima kasih.

Saya balas sesuai petunjuk yaitu Nama lengkap, saat itu juga di reply :
Pelanggan Yth, terima kasih  informasi Anda telah kami terima. Mhn tunggu SMS berikutnya utk melanjutkan proses aplikasi pada lembaga keuangan rekanan kami.

Dan beberapa saat juga ada SMS lain yang isinya :
Pelangan Yth, terima kasih atas data yang diberikan. BANK MEGA akan menghubungi anda dalam 24 jam atau hari kerja berikutnya. Terima kasih.

Semua SMS tersebut pada tanggal 14 Des 2018 yang jatuh pada hari jum'at jadi saya pikir pasti di minggu depan baru ada telepon dari Bank, walupun saya berharap tidak berharap karena menurut informasi yang saya baca di internet banyak juga yang tidak di tlp.

Pada hari senin tgl 17 Desember 2018 entah jam berapa tepatnya saya mendapat telepon dari yang katanya dari Bank Mega. Kenapa saya bilang katanya, karena nomor yang nelepon dari nomor ponsel biasa. Nah dari sini saya mulai berhati hati-hati juga, jika sekiranya bertanya informasi sensitif, saya sudah ancang-ancang tidak akan berikan.

Tapi penelepon hanya bertanya nama dan apakah benar mengajukan kartu kredit ? saya katakan iya dan penelepon tersebut meminta data detail yang harus dikirim via email, dia juga memberikan format isian informasi data tersebut.

Malahan nomor tersebut juga langsung SMS untuk segera kirim kelengkapan data supaya segera di proses.

Disini saya juga perhatikan kembali alamat email yang dia sebutkan. Acuan saya adalah akun email harus ber-alamatkan situs web resmi bank Mega yaitu ......@bankmega.com dan Ok saya kirim email ke alamat tersebut. Jika saja bukan alamat email resmi Bank Mega tentu pasti saya tidak akan kirim.

Yang jadi catatan buat saya adalah, di isi email tersebut saya tidak kirim slip gaji karena saya bukan pegawai melainkan usaha sendiri. Jadi yang dikirim berupa mutasi rekening tiga bulan terakhir di Bank BCA. Jenis kartu kredit yang saya minta adalah kartu kredit Mega Gold. Saya pilih Gold sebenarnya acak saja sih, lagian ga tau juga jenis dan perbedaan kartu kredit Bank Mega.

Bagi yang ingin membuat kartu kredit tidak perlu khawatir jika bukan nasabah Bank tersebut atau bukan seorang pegawai. Selama nama kita baik dan keuangan lancar maka kemungkinan besar pasti disetujui.

Hari berikutnya saya dapat SMS kembali dari Bank Mega yang isinya :
Pelanggan Yth, Trm kasih atas aplikasi Anda. Dgn ini Anda setuju, data Anda kami analisis terkait pengajuan kartu kredit Bank Mega. Hub 1500010 u/ info lbh lanjut.
Selanjutnya setelah kirim data dan mendapat SMS diatas ada telepon dari bukan nomor HP, pertama tidak keburu di angkat karena sedang sibuk. Tapi dengan begitu jadi ada kesempatan bagi saya untuk cek nomor di internet dan banyak ulasan, ada yang bilang itu dari marketing kartu kredit, ada yang bilang dari analis Bank Mega, ada yang bilang dari Bank Mandiri dan bahkan ada yang bilang dari deb collector.

Ketika saya sedang cek nomor ada telepon lagi dari nomor yang sama tadi dan bilang bahwa dari Bank Mega untuk verifikasi, menanyakan nama, alamat, pekerjaan dll. Saya balas dengan apa adanya. Penelepon tidak mengatakan dari analis atau bukan, sepertinya hanya mencocokan data.

Selang beberapa hari dari telepon verifikasi datanglah survei ke rumah waktu itu hari sabtu, menanyakan detail informasi dan kembali saya jawab apa adanya. Sambil ngobrol-ngobrol, si Mas yang survey sempat saya tawarkan juga produk yang saya jual :)

Perlu diperhatikan, kalau saya sendiri ketika ada telepon atau SMS atau survei, tidak pernah menyebutkan nama Ibu kandung. Mau dari analis, orang survei atau darimana saja, jika menanyakan Ibu kandung selalu saya tolak kecuali saya yang nelepon misalnya telepon ke nomor resmi Bank.

Next ya, setelah ada yang datang untuk survei kemudian ada SMS ke saudara kandung tidak serumah yang isinya:
Kepada Bpk/Ibu Yth, saat ini Anda telah didaftarkan sbg emergency contact kartu kredit oleh nasabah a/n nama saya. Terima kasih.
Setau saya tidak ada telepon ke saudara saya, yang ada hanya berupa SMS tersebut.

Beberapa hari tidak lebih dari satu minggu ada SMS pemberitahuan bahwa selamat pengajuan kartu kredit disetujui. Yang isinya sebagai berikut :
Nasabah Yth, pengajuan Kartu Kredit Anda telah disetujui dan akan segera kami kirim. Utk info lebih lanjut hubungi MegaCall di 60010(HP)
Selanjutnya selang lima hari dari SMS disetujui, datang kartu kerumah dan uniknya karena saya pengajuan melalui online maka kurir meminta tanda tangan pada formulir, yang belakangan saya ketahui formulir tersebut disebut mini aplikasi Bank Mega. Jadi mini aplikasi itu berupa formulir kecil untuk dua tanda tangan layaknya seperti buka rekening baru di Bank.

Padahal sebenarnya sih ya bisa pakai tanda tangan digital supaya cepat. Saya ada pengalaman tanda tangan digital waktu ketika buka Rekasadana.

Pada waktu itu saya belum 'ngeh bahwa kartu tidak bisa diaktivasi sebelum tanda tangan basah diterima. Terbukti ketika melakukan akitivasi lewat SMS belum bisa, walupun SMS pertama balasan nya selamat kartu anda telah aktif. Jadi ketika aktivasi kartu melalui SMS, pertama selamat kartu Anda telah aktif tapi SMS kedua ketika aktivasi PIN tidak bisa/ditolak.

Kemudian saya telepon dan dapat penjelasan dara CS Bank Mega bahwa memang kartu kredit belum bisa diaktivasi sampai tanda tangan basah diterima sekitar 7 hari kerja.

Setelah lewat tiga hari kerja saya iseng baca-baca info di internet dan ternyata sangat beragam. Ada yang bilang tiga hari, tujuh hari, ada yang tidak tanda tangan di mini apliaksi padahal pengajuan online bahkan sampai ada yang dua bulan belum jug aktif.

Setelah dapat informasi tersebut kemudian sya iseng lagi telepon ke Bank Mega dan mendapat infonrmasi bahwa setelah tanda tangan di mini aplikasi maka proses selama 8 hari kerja. Wah saya pikir ini beda lagi nih info nya. Kata CS Bank Mega jika terima kartu tanggal 5 berarti sya bisa aktivasi hari minggu tanggal 13 dengan cara mengulang proses aktivasi dari awal dan request PIN. Jika permintaan PIN berhasil berarti kartu kredit aktif dan bisa digunakan.

Akhirnya saya tunggu dan pada hari minggu mengulang proses aktivasi dari awal dan berhasil. Ternyata untuk proses aktivasi via SMS tidak perlu hari kerja, buktinya hari minggu pun bisa.

Ahirnya kartu kredit Bank Mega saya bisa digunakan.

Kesimpulan :
  • Bagi yang terima penawaran kartu kredit melalui SMS resmi provider, kemungkinan besar akan disetujui karena penawaran tersebut saya pikir tidak sembarangn tapi dilihat dari track record pemakaian dan tepatnya pembayaran. Saya adalah pemegang kartu Halo yang selalu bayar tepat waktu. Dan juga mungkin karena saya pelanggan Indihome yang juga selalu bayar tagihan tepat waktu.
Dan mungkin juga tidak hanya itu, saya pengguna kartu kredit BCA yang selalu bayar tepat waktu, sampai bayar BPJS pun selalu tepat waktu.
  • Jika mengajukan aplikasi kartu kredit Bank Mega via online pastikan ketika kartu datang menandatangani mini paslikasi berupa form tanda tangan. Tanyakan ke kurir jika mereka tidak membawa atau tidak menyuruh kita dua kali tanda tangan.
  • Pastikan ketika kartu datang Anda ada ditempat karena tanda tangan tidak bisa diwakilkan, jangan sampai kartu dibawa kembali oleh kurir yang akan menambah waktu proses. Jikapun kartu dititipkan, segera telepon ke Bank Mega dan katakan bahwa Anda belum tanda tangan di mini apliaksi.
  • Waktu pengajuan kartu kredit isi bilang dan isi data apa adanya panting Anda berikan bukti saha dan benar. Bank akan setujui pengajuan kita jika memang kita layak.
  • Sebelum berkeluh kesah di forum atau media lainnya, saran saya kontak, bicarakan dan tanyakan dahulu langsung ke pihak Bank.
  • Yang saya alami, dari SMS disetujui sampai kartu diterima dan aktif kurang dari 14 hari yaitu 5 hari ditambah 8 hari.
  • Kartu kredit belum aktif sampai PIN berhasil dibuat, jangan sampai karena menerima SMS kartu telah aktif tapi ketika belanja tida bisa digunakan, mending jika punya dana lain. Jika hanya dari kartu itu, jadi malu dan gagal belanja kan :)
Itulah pengalaman membuat kartu kredit Bank Mega.


Informasi tambahan, cara aktivasi kartu kredit Bank Mega :
AKT<spasi>4 Digit Akhir Nomor Kartu Kredit Anda<spasi>Tanggal Lahir (DDMMYYY)
Kirim SMS ke 3377

Contoh AKT 1234 01011981

Jangan lupa juga pada tanggung jawabnya ya, bayar tagihan setiap bulannya dan menurut saya jika sudah punya kartu kredit maka harus digunakan, jika tidak digunakan akan rugi sendiri termasuk salah satunya yaitu harus bayar iuran tahunan.

Komentar

  1. Thank infonya.. lengkap sekali..aku juga dpt sms dr telkomsel..coba apply dulu ah..😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dan semoga disetujui dan jangan lupa jika sudah digunakan dibayar dengan tepat :D

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan komentar yang berkaitan dengan artikel dan komentar jangan terlalu pendek

loading...

Mancing Yuk


Web Hosting Murah Berkualitas