Perencanaan Keuangan yang Baik Apa Saja ?

Perencanan keuangan
Photo by Isaac Smith on Unsplash

Ketahui jenis perencenaan keuangan yang baik untuk Anda, apa saja itu ?

Perencanaan keuangan merupakan salah satu yang wajib diketahui karena dari perencanaan inilah awal mula kesuksesan terwujud. Baik kesuksesan dari sisi finansial maupun lainnya.

Berikut ini adalah jenis-jenis perencanan keuangan :
  • Rencana Pendidikan, atau disebut juga program pendidikan anak. Rencana pendidikan ini biasanya utuk biaya kuliah, mislanya jika saat ini biaya kuliah program pemdidikan tertentu adalah Rp 200.000.000 lalu berapa yang harus dipersiapkan di 10 tahun mendatang. Jangan sampai pada waktunya anak masuk kuliah menjual atau menggadaikan aset tertentu.
  • Program perlindungan keluarga, dalam keluarga pasti ada satu orang yang bertindak sebagai pencari nafkah utama dan tidak jarang pencari nafkah tersebut mengalamai suatu kondisi tidak terduka misalnya sakit.
Ketika saat sakit bahkan setelah sakit pengeluaran tetap berjalan ditambah biaya rumah sakit. Survey membuktikan bahwa satu dari tujuh keluarga mengalami kebangkrutan apabila pencari nafkah terkena penyakit kritis.
  • Rencana keuangan pensiun, tentu saja rencana ini untuk memenuhi kebutuhan pada saat seseorang menginjak masa tua. Secara demografi orang-orang berusia diatas 70 tahun semakin banyak tapi 56% diantaranya menggantungkan diri kepada orang lain misalnya kepada anak.34% meninggal karena penyakit kritis, 5% yang masih bekerja, 4% kaya dan 1% super kaya 
  • Rencana keuangan terkait dengan warisan, Setelah orang tua meninggal tidak sedikit orang yang memperebutkan warisan sampai terjadi perselisihan. Rencana keuangan terkadang perlu dipersiapkan dan dibuat untuk hal-hal seperti ini.
Setelah jenis rencana keuangan diatas diketahui kemudian hal lain yang perlu diketahui adalah invesati. Berbeda dengan menabung, dengan investasi uang anda akan bertambah sedangkan menabung kemungkinan besar uang anda aka menyusut.

Dikutip dari sadanapreuneurship.com "Mengapa investasi dan bukan menabung? Uang yang kita miliki semakin lama nilainya semakin menyusut. Rp.1.000 hari ini, dengan asumsi inflasi 6-7% saja 10 tahun yang akan datang hanya akan senilai Rp. 472. 20 tahun yang akan datang hanya akan senilai Rp. 208. 30 tahun yang akan datang hanya akan senilai Rp. 89 saja. Investasi menjadi syarat mutlak untuk mempertahankan nilai aset yang anda miliki, tentunya selain bisnis atau sumber income utama anda."

Buat perencanaan keuangan anda mulai saat ini dan miliki masa depan yang lebih baik.

Referensi sadanapreuneurship.com Ketahui 5 Financial Planning Yang Wajib Anda Miliki

Komentar

loading...

Mancing Yuk


Web Hosting Murah Berkualitas