Bersaing Dalam Belantara Internet

Bersaing Dalam Belantara Internet

Image by TheDigitalArtist - Pixabay

Internet tidak bisa dipungkiri lagi tempat menyimpan dan menampilkan informasi berbagai hal baik informasi umum maupun rahasia positif maupun negatif tanpa ada batasan informasi di dalamnya. Satu-satunya batasan adalah hukum yang diciptakan dan kesadaran manusia itu sendiri.

Walupun demikian, setiap informasi diatas pada dasarnya pastilah ada tujuan karena merupakan sifat manusia selalu punya maksud tertentu. Jikapun menulis uneg-uneg tetap pasti punya tujuan yaitu ingin didengar dan dilihat orang lain atau setidaknya menulis uneg-uneg bertujuan supaya perasaan nya merasa lebih baik walupun tidak ingin dilihat orang lain.

Terlepas dari semua itu saya ingin menekankan mengenai bersaing di belantara internet terkait dengan dunia bisnis. Saya rasa sebagian besar adanya internet ini penuh dengan informasi seputar bisnis dimana dari bisnis ini manusia bisa memenuhi salah satu bagian hidupnya supaya bisa terus berkembang.

Coba kita bayangkan dari seluruh penduduk dimuka bumi berapa juta orang yang menggeluti pekerjaan sebagai pengacara, berapa juta orang yang menjual produk makanan, berapa juta orang yang menawarkan produk jasa, berapa juta orang ingin terlihat dan diketahui oleh orang lainnya dan masih banyak lagi profesi serta maksud tujuan oarang-orang menggunakan internet.

Mereka semua menggunakan media apa saja supaya tujuan tercapai, kita bisa lihat berapa milyar situs web dan blog yang sudah dibuat di internet dengan berbagai konten yang memiliki tujuan masing-masing ditambah pengguna social media yang jumlah nya sangat-sangat banyak. Dan juga adanya Marketplace online yang menyaingi situs web toko online milik pribadi ataupun perusahaan yang hanya menawarkan produkmereka sendiri.

Bagi kita yang memanfaatkan teknologi internet sungguh sangat besar persaingan di dalamnya, pengguna konten berlomba mengoptimalkan hasil pencarian di situs mesin pencari seperti google bahkan rela membayar supaya apa yang mereka tawarkan bisa diketahui orang lainnya.

Menanggapi persaingan tersebut tidak bisa ditawar lagi bahwa mereka yang menang adalah mereka yang selalu punya gagasan dan ide-baru yang mana gagasan terebut bermanfaat untuk orang lain.

Tidak ada satupun produk maupun jasa lainnya yang akan berkembang besar tan bertahan lama tanpa adanya manfaat bagi orang banyak, ini sudah menjadi kepastian. Jikapun terkenal tanpa memiliki manfaat sudah pasti tidak akan bertahan lama.

Kemudian muncul pertanyaannya, semua ini akan berujung kemana ? menurut saya ini semua bukan hanya tentang akan berujung kemana tapi bagaimana kita semua menjalaninya. Jika bertanya ujungnya akan kemana tidak akan ada jawaban yang pasti, karena sifat manusia dari dulu dan sampai kapanpun memiliki sifat dasar yaitu explorasi dan haus akan sesuatu hal yang baru. Bahkan keiinginan manusia itu tidak ada batasnya.

Jika kita menjalaninya dengan tujuan supaya bisa bermanfaat untuk orang lain dengan cara yang benar niscaya kita semua akan baik-baik saja tapi akan berbeda hasilnya jika apa yang kita lakukan tidak membawa manfaat.

Kesimpulan akhir mengenai persaingan di belantara internet adalah merupakan perjalanan hidup yang harus tetap dijalani. Teknologi bukan sesuatu hal yang harus dihindari tetapi sesuatu hal yang harus dimanfaatkan secara positif.

Komentar

loading...

Mancing Yuk


Web Hosting Murah Berkualitas